SELAMAT DATANG DI SITUS SAYA BONARZI FRIADY SIHITE'. SEMOGA BERMAMFAAT


ILMU

Minggu, 18 April 2010

Istilah-istilah yang digunakan dalam komputer
1)      Banner :
adalah media informasi dalam bentuk image / gambar untuk menayangkan iklan bergambar pada sebuah webpage.

2)      CGI/Perl :
bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh pemakai komputer UNIX/LINUX.

3)      Chat :
adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk tulisan (ketik) secara realtime (idealnya tidak ada waktu tunggu).

4)      Chatting :
istilah khusus yang digunakan untuk melakukan interaksi di program chat.

5)      Client :
adalah sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user.

6)      Dial-Up :
adalah jenis koneksi internet dengan menggunakan jaringan telpon.

7)      Dial-Up Networking :
adalah fasilitas network yang dimiliki oleh sistem operasi Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi Dial-Up, yaitu koneksi jaringan, baik jaringan komputer atau internet, dengan menggunakan fasilitas jaringan telpon.

8)      Domain name :
adalah nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet.

9)      Download :
adalah proses pengambilan atau transfer file dari sebuah situs web internet ke media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user.

10)  E-Commerce :
Electronic Commerce adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi perbankan elektronis di internet, baik Business to Business E-Commerce maupun Business to Costumer E-Commerce.

11)  E-mail :
atau elektronic mail atau surat elektronik adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan (ketik) atau gambar kepada user lain di dalam atau di luar jaringan komputer tersebut. User dapat pula menerima (receive e-mail), membalas (reply e-mail), dan meneruskan (forward e-mail) kepada user lain


12)  FTP :
ile transfer protocol adalah protokol (antarmuka) yang digunakan untuk men-transfer, mengirim atau menerima file dari internet.

Hacker :
adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator.

13)  Homepage :
adalah halaman muka atau halaman utama yang ditampilkan dari sebuah website di internet, jika user memasuki alamat site tersebut pada webbrowser.

14)  HTML :
Hyper Text Markup Language, adalah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat sebuah halaman webpage.

15)  Http://
http atau Hyper Text Transfer Protocol adalah kode yang dituliskan pada awal site, untuk menjelaskan pada program webbrowser bahwa protokol (antarmuka) yang digunakan adalah http

16)  Internet Explorer :
program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Microsoft Corp.

17)  Internet-TV :
adalah sebuah TV yang dimodifikasi untuk dapat digunakan sebagai media / alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui internet.

18)  Intranet :
sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.
19)  ISP :
Internet Service Provider, adalah lembaga/instansi/perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan penyedia jaringan internet.

20)  Login :
otorisasi yang dilakukan oleh seorang user dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).

21)  Logoff :
tidak melanjutkan kembali atau keluar dari sebuah sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).

22)  Lycos :
adalah search engine di internet yang dapat digunakan oleh user untuk mencari. http://www.lycos.com

23)  Modem :
adalah alat komunikasi tambahan yang digunakan oleh komputer / notebook agar bisa melakukan koneksi dengan jaringan komputer lain, internet misalnya

24)  Netscape Navigator :
program komputer yang digunakan untuk dapat menampilkan halaman-halaman yang ada pada sebuah website di internet, yang dibuat oleh Netscape Corp.

25)  Password :
kode rahasia yang digunakan oleh user untuk dapat mengotorisasikan username yang dia miliki untuk dapat semasuki sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).

26)  Plugin :
adalah program khusus yang dapat di tambahkan pada program webbrowser dimana dapat membantu webbrowser untuk dapat menampilkan animasi, program interaksi, 3D object, tertentu dengan baik.

27)  Script :
adalah kumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu (Java, VisualBasic, CGI/Perl) untuk melakukan sebuah program interaktif atau animasi dalam sebuah webpage.

28)  Search Engine :
adalah sebuah program di internet (website tertentu) yang digunakan untuk mencari informasi tertentu yang di perlukan oleh user. Misal : Yahoo, Lycos, Altavista, Excite dan lainnya.


29)  Server :
adalah sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin.

30)  Upload :
adalah proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.

-User :
pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).


31)  Virus :
adalah program tersembunyi yang dapat ‘menebeng’ atau ‘membonceng’ pada program lain yang terdapat pada internet, atau pada surat elektronik, yang sangat merugikan user dan admin, dimana program tersebut dapat merusak program lain yang dimiliki oleh user di komputernya, dan juga dapat merusak program interaksi yang terdapat pada situs web yang sedang di maintain oleh admin.


32)  VisualBasic :
bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corp.


33)  Voice-mail :
sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa suara.


34)  WAP :
Wireless Application Protocol, adalah fasilitas pada handphone yang dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu yang terhubung dengan internet. Dengan WAP kita dapat menggunakan internet tidak saja untuk menerima dan mengirim handphone, bahkan untuk kalender, jadwal, serta gambar.

35)  Web browser :
program komputer yang digunakan untuk menampilkan webpage. Contoh web browser : netscape navigator, internet explorer, dan lain-lain.


36)  Webmaster :
seorang yang bertanggungjawab untuk membuat dan memelihara situs web yang bersangkutan.


37)  Web page :
adalah halaman yang dapat ditampilkan di sebuah website di internet, yang dapat menampilkan, teks, gambar, bahkan suara, animasi dan video.


38)  Website :
adalah sebuah kumpulan halaman (webpages) yang di awali dengan halaman muka (homepage) yang berisikan informasi, iklan, serta program interaksi.


39)  www :
world wide web adalah istilah yang digunakan dalam internet untuk awal





Analisis dari situs yang sering diakses masyarakat Indonesia
Kini internet menjadi bagian dari gaya hidup manusia di dunia. Banyak orang menggunakan internet untuk mencari informasi berupa data, gambar, maupun video, bahkan digunakan sebagai media berkomunikasi antara pengguna internet.

10 besar situs yang sering diakses masyarakat Indonesia akan dipaparkan dalam postingan kali ini. Situs - situs tersebut berupa search engine, email services, social network services, portal berita, dan forum internet.

Mengenali perilaku masyarakat pengguna internet di Indonesia berdasarkan rangking pada www.alexa.com.
--Top Ten Sites in Indonesia--
1. www.yahoo.com
Situs yang menyediakan berita hangat dari penjuru dunia, free email, search engine, mailing list, dan masih banyak lagi ini banyak diminati pengguna internet di Indonesia karena situs www.yahoo.com memiliki banyak fungsi dan kegunaan.
2. www.google.co.id
Situs www.google.co.id merupakan search engine paling banyak diminati pengguna internet di mana - mana, tak terkecuali di Indonesia. Search engine ini memungkinkan pencarian data yang dikehendaki dengan penulisan keyword pada search engine.
 www.friendster.comSitus jejaring sosial pertemanan ini meraih peringkat ketiga dalam situs yang sering diakses masyarakat Indonesia. Saat ini Friendster paling banyak diminati masyarakat Indonesia untuk mencari kawan lama, maupun ajang pencarian jodoh.
4. www.google.com
Memungkinkan para pengguna internet melakukan pencarian pada web google untuk mencari informasi berupa data, gambar, video, dan masih banyak lagi. Situs www.google.com memiliki fokus yakni pengembangan teknologi pencarian.

5. www.blogger.com
Situs yang sering diakses masyarakat Indonesia di posisi kelima yakni www.blogger.com. Penyedia layanan blog secara gratis ini digandrungi masyarakat Indonesia karena kemudahan melakukan posting artikel, edit HTML blog, dan kemudahan dalam berkomentar.

6. www.facebook.com
Layanan jejaring sosial pertemanan ini sedikit mirip dengan Friendster, dimana para pengunjung bisa mencari kawan lama. Namun fitur yang ditawarkan pada Facebook jauh lebih banyak dan user friendly, seperti kita bisa menuliskan status pada wall profile kita setiap saat, saling bertukar komentar antar wall profile teman kita, aneka fitur games yang menarik, dan masih banyak lagi.

7. www. youtube.com
Situs Youtube memungkinkan pengguna internet untuk mendownload, mengupload, dan melakukan sharing video. Masyarakat Indonesia membuka situs ini untuk mencari informasi berupa video
8. www.wordpress.com

Situs Wordpress merupakan penyedia layanan blog secara gratis. Layanan Wordpress memberikan pengaturan desain template hanya pada layanan berbayar. Namun layanan yang gratis pun tak kalah menarik, desain template yang telah disiapkan tim pengembang, penolak spam secara otomatis, statistis pengunjung yang langsung ada pada halaman dashboard, dan masih banyak lagi.
9. www.kaskus.us
Forum komunitas online yang menyediakan ragam informasi, seperti forum berita terhangat, forum jual beli, blog, radio. Pengguna internet Indonesia biasa membuka situs ini untuk bersenang - senang, karena selain bisa membaca tret dalam forum, kita juga bisa andil untuk memberikan komentar, seperti : "nice info", "mantaf gan", "thanks gan", dan masih banyak kosa kata berkomentar yang sering digunakan Kaskuser.
10. www.detik.com
Portal berita ini paling banyak dicari pengguna internet Indonesia untuk mencari berita secara aktual dan cepat. Detik mampu memberikan berita lebih cepat dibanding portal berita Indonesia yang lain, oleh karena itu Detik digandrungi para pencari berita. Alexa menempatkan www.detik.com sebagai situs yang sering dikunjungi di Indonesia urutan ke 10, maka lagi - lagi kita patut berbangga akan hal ini.


TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
 TCP/IP menyediakan jalur transportasi data sehingga sejumlah data yang dikirim oleh suatu server dapat diterima oleh server yang lain. TCP/IP merupakan protokol yang memungkinkan sistem di seluruh dunia berkomunikasi pada jaringan tunggal yang disebut Internet. Berikut adalah beberapa istilah dalam jaringan :

IP address
Alamat numeric unik dari sebuah komputer di Internet. IP address komputer Anda sama dengan nomor telepon Anda sendiri dalam fungsinya. Jika ada kesamaan nomor IP maka salah satu dari nomor yang sama akan tidak berfungsi di jaringan (konflik IP address)
Subnet Mask
Angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dengan host ID, menunjukkan letak suatu host, apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar.
Gateway
Sebuah komputer yang melayani konversi protokol antara beberapa tipe yang berbeda dari suatu network atau program aplikasi. Sebagai contoh, sebuah gateway dapat meng-convert sebuah paket TCP/IP menjadi paket NetWare IPX atau dari Apple Talk menjadi DECnet, dan lain-lain
Domain Name Sistem
Merupakan kepanjangan dari DNS dengan beberapa definisi berikut ini:
1.Sistem yang menerjemahkan antara alamat IP dan host name Internet.
2.Sistem pemberian alamat yang digunakan dalam lingkungan Internet. Intinya memberi nama lain pada alamat Internet Protocol yang terdiri dari dua bagian, yaitu identitas organisasi (nama organisasi) dan jenis organisasi (.com, .edu, .net, dsb).
Computer Name
Merupakan nama dari computer dalam jaringan. Dalam lingkungan LAN nama computer haruslah unic (tidak ada yang sama) jika terjadi kesamaan maka akan ada peringatan bahwa nama computer sudah di pakai dan akan mempengaruhi kinerja dari computer yang mempunyai nama yang sama tetapi dengan dasar IP address masih bisa diakses..
Workgroup
Kesatuan dari komputer2 yang berada di suatu jaringan. Tetapi menjadikan dalam jaringan tersebut tidak ada server yang mengatur ( semua computer kedudukannya sama)
Domain
Kesatuan dari komputer2 yang berada di suatu jaringan. Tetapi menjadikan dalam jaringan tersebut ada server yang mengatur ( server mempunyai kedudukan lebih tinggi)


Tidak ada komentar: