SELAMAT DATANG DI SITUS SAYA BONARZI FRIADY SIHITE'. SEMOGA BERMAMFAAT


ILMU

Senin, 26 April 2010

Master Reset Nokia Symbian

Suatu fitur yang mampu untuk mengembalikan memory dan settingan yang ada ke posisi default atau standart. Mungkin sekitar itu kalau aku terjemahkan fungsi dari Master Reset pada Nokia Symbian ala Belly. Fitur tersembunyi dari aplikasi hp Nokia tersebut mampu menangani segala kerusakan system yang biasa terjadi pada ponsel tersebut. Walau pun nggak semua system yang error mampu di tangani dengan cara itu. Namun dari pengalamanku selama ini. Hampir 80% system error yang terjadi karena terkena Virus ponsel yang banyak tersebar melalui Bluetooth atau pun salah penggunaan mampu di atasi dengan melakukan Master Reset.

Beberapa error system yang biasa terjadi pada ponsel symbian S60v1 atau pun S60v2 sampai sekarang masih bisa diusahakan diperbaiki secara manual oleh pemakainya sendiri. Ada pengecualian jika kerusakan yang terjadi karena Virus yang benar – benar bandel. Untuk cara ini, aku mempunyai cara khusus yang biasa aku lakukan sendiri juga. Memang mungkin masih meragukan, namun setelah aku test. Nggak ada efek sampingnya juga. Maka dari itu aku berani untuk berbagi kepada siapa pun yang mungkin mempunyai kasus seperti di atas.

Ok! Ini adalah beberapa kerusakan system yang biasa ku alami dan mengharuskanku untuk melakukan Master Reset. Jika ingin benar – benar mempraktekannya, aku mohon untuk mengikuti segala petunjuk yang aku tulis. Mohon juga dipastikan bahwa Baterai Anda normal dan penuh saat melakukan Master Reset.

  • Menu nggak bisa berfungsi
  • Nggak bisa menerima data (mp3, foto mau pun video) entah lewat Bluetooth atau pun infra red.*
*.Biasanya ada keterangan: “Memory Full, hapus sebagian data”. Untuk yang ini, aku sarankan untuk mengecek memory ponsel terlebih dahulu. Kamu bisa melihat untuk apa saja memory ponsel terpakai menggunakan menu cek memory.

Masuk terlebih dahulu ke Menu – Pilihan – Status Memory – Memory ponsel. Setelah itu akan ada keterangan berapa memory yang tersisa dan yang digunakan. Pada bagian bawahnya lagi, akan ada keterangan pemakaian memory. Cek apa saja yang memakan memory banyak. Kalau benar adanya, biasanya memory yang banyak di pakai hanya berupa lagu mau pun video. Pindahkan saja ke memory card data tersebut dan lihat hasilnya. Jika pemakaian untuk yang lainnya ternyata nggak sepadan dengan total jumlah memory ponsel berarti kamu terlalu banyak memakai aplikasi yang terinstall di ponsel. Nach, untuk yang ini terpaksa harus kamu Master Reset.

Eh bentar nde. Mungkin kamu bisa masuk ke menu aplikasi manager dulu. Uninstall saja aplikasi yang kayaknya memakan memory banyak. Walau pun cara ini belum aku praktekan langsung namun bisa saja kamu coba. Aku nggak mencobanya karena jarang ada aplikasi yang besar dan biasanya orang yang menginstall aplikasi kebanyakan menyimpannya di memory card. Kalau masih nggak mau Master Reset saja lagi.
  • Terdapat Virus pada memory ponsel. Pada kasus ini, memang nggak semua bisa di cek secara manual. Namun jika kamu ingin melihat apakah ponsel kamu ada virusnya atau nggak. Lepas saja memory card kamu dan scan menggunakan antivirus computer. Jika terdapat virus, aku bisa yakini 80% bahwa ponsel kamu juga sudah terjangkit. Oh ya, nggak semua ponsel yang terkena virus mampu diatasi menggunakan Master Reset Symbian ini lho. Namun jarang juga jika ada kasus seperti ini. Kebanyakan virus masih mampu di atasi. Untuk yang nggak bisa di atasi, tunggu saja postinganku selanjutnya di Blogger Sragen ini. Akan aku kupas habis mengenai virus mobile berdasarkan pengalamanku.

Ok! Kebanyakan ngomel kayaknya. Ini dia cara memaster reset Nokia Symbian. Aku punya dua cara yaitu saat ponsel dalam keadaan mati mau pun sebaliknya.

Mohon untuk dipastikan sekali lagi bahwa baterai Anda dalam keadaan normal dan terisi penuh saat melakukan Master Reset.

Saat hidup:
Tekan kode *#7370#. Pada cara ini, kamu akan di mintai kode pengaman. Coba masukan 12345 atau 00000. Kalau benar seharusnya ponsel akan merestart secara otomatis dan mengembalikan settingan yang ada ke posisi default.

Saat mati:
Tekan *, angka 3 dan panggilan secara bersamaan dan tahan. Kemudian nyalakan ponsel. Jangan di lepas dulu kalau belum ada keterangan Formatting…Jika sudah memformat lepaskan saja.

Sudah Cuma itu cara yang aku punya. Jika ada yang punya saran, masukan atau pun kritikan yang membangun.

Tidak ada komentar: